Senin, 28 Februari 2011

Benua Australia

Artikel ini akan mengajak Anda mengenal Australia dengan memaparkan semua tentang Australia. Australia merupakan benua yang terkecil dari empat benua lainnya di bumi ini. Luas benua hijau ini adalah 7.683.300 km persegi, jika di bandingkan dengan Indonesia luasnya hampir sama.
Letak Australia berada di belahan bumi selatan. Tepatnya Berada di selatan Indonesia yang dibatasi oleh Samudera Hindia. Jumlah penduduk Australia sekitar 25 juta orang jauh lebih sedikit daripada penduduk Indonesia.
Sejarah Australia
Nama Australia berasal dari kata latin Australis yang yang artinya selatan, dan secara resmi kata Australia ditetapkan oleh Inggris pada 1824 seiring ditetapkan juga Australia sebagai benua baru. Penghuni asli benua Australia adalah suku aborigin, merekalah yang pertama kali mendiami benua ini sejak 40.000 tahun.
Masa prasejarah, ketika pulau papua dan benua Australia menyatu. Benua Australia ditemukan oleh James Cook pelaut dari Inggris pada abad 17, dan pada 1770 Inggris menyatakan bahwa tanah temuan itu menjadi milik kerajaan Inggris Raya, setelah itu secara bertahap terjadi migrasi orang-orang Eropa terutama Inggris mulai mendiami negeri Kangguru ini.
Dahulu tanah Australia diperuntukan untuk membuang penjahat/ perampok. Di sisi lain Australia menyimpan berbagai potensi sumber daya alam, terutama tambang emas, tanah yang luas cocok untuk lahan pertanian dan ternak.
Australia menjadi magnet baru sebagai tanah harapan bagi Eropa, dan mereka berbondong bondong mencari emas di tanah Aborigin ini. Perlu diketahui tambang emas pertama ditemukan pada tahun 1851.
Sistem Pemerintahan
Secara administratif di bawah kekuasaan Kerajaan Inggris dengan sistem pemerintahan federal dan mengenal demokrasi parlementer. Pemerintahan ini dipimpin oleh seorang perdana menteri yang diangkat berdasarkan pengumpulan suara di parlementer.
Ibukota Australia adalah Sydney, sedangkan pusat pemerintahnya berada di Canberra. Bahasa resmi yang dipakai adalah bahasa Inggris karena Australia di bawah kekuasaan Inggris. Sedangkan bendera nasional mengadaptasi bendera Inggris Raya, yakni Union Jack dan bintang persemakmuran. Kangguru dan koala merupakan binatang asli Australia dan diabadikan pada simbol negara.
Masih di tataran pemerintahan konstitusi Australia terdapat 3 lembaga negara, yakni:
  • Mahkamah Agung yang membawahi federal court/ pengadilan federal.
  • Dewan Eksekutif federal, dihuni oleh penasehat ahli yang kerjaanya memberi masukan kepada gubernur jenderal.
  • Legislatif, berisikan para wakil rakyat, Gubernur jenderal, perdana menteri, wakil perdana menteri, dan para menteri negara bagian
Australia terdiri atas enam negara bagian yang dipimpin oleh gubernur negara bagian:
  • Tasmania dengan ibu kota Hobart
  • Victoria yang beribu kota Merlbourne
  • New South Wales dengan ibu kota Sydney
  • Queensland yang beribu kota Brisbane
  • South Australia dengan ibu kota Adelaide
  • West Australia ibu kotanya Perth
  • North Australia ibu kota Darwin
Perekonomian Australia
Di Negeri kangguru ini mengenalkan sistem perekonomian campuran atau inggrisnya mixed economy dengan kategori negara makmur, yang memiliki pendapatan perkapita $25.500 (data 2003) lebih unggul ketimbang Inggris dan Jerman sekali pun. Pendapatan utama berasal dari hasil pertanian, industri riil,pajak eksport import, industri IT, pariwisata, hasil tambang terutama uranium dan emas.
Hubungan Bilateral Indonesia dan Australia
Sejak masa kemerdekaan Australia merupakan tetangga baik yang selalu mendukung perjuangan Indonesia mengusir agresor Belanda. Hubungan Indonesia dengan Australia secara umum cukup dekat dan mesra. Australia menyadari pentingnya memelihara hubungan Indonesia.
Salah satu bentuk hubungan bilateral adalah forum Dialog Pasifik Barat Daya dan Trilateral Consultation Indonesia. Arus eksport import ke kedua negara pun lancar. Contohnya Australia secara reguler mengirimkan hasil ternak seperti bibit sapi ke Indonesia serta produk-produk unggul pertanian ke Indonesia.
Sebaliknya Indonesia rutin mengeksport produk-produk unggulan ke negeri kangguru seperti minyak sawit, hasil tambang, garment, kerajinan yang diproduksi oleh UKM, dan masih banyak lagi.

1 komentar:

  1. Wah, kebetulan lagi nyari informasi tentang australia termasuk tentang perekonomiannya untuk saya bandingkan dengan ekonomi makro indonesia

    Terima kasih untuk infonya.

    BalasHapus