Senin, 28 Februari 2011

Benua Afrika

(Africa) merupakan benua terbesar kedua di dunia dan memiliki penduduk kedua terbanyak setelah Asia. Ada lima puluh empat negara yang berada di kawasan tersebut. Selain benua terbesar, Afrika juga dikenal dengan sebutan benua hitam karena mayoritas penduduknya berkulit hitam, terutama di bagian Afrika Selatan. Sementara, negara-negara di Africa yang penduduknya tidak berkulit hitam adalah Tunisia, Aljazair, dan Mesir. 
Kata Afrika berasal dari bahasa Latin, Affrica Terra, yang artinya Tanah Afri. Affrica Terra merupakan bentuk jamak dari Afer, untuk menunjukkan bagian utara benua ini, yang sekarang merupakan bagian dari Tunisia, provinsi Romawi di Afrika. Asal kata Afer berasal dari bahasa Fenisia. Afar berarti debu, dari suku Afridi yang mendiami bagian utara benua dekat Kartago. Bisa juga kata Afrika berasal dari bahasa Yunani Aphrike yang berarti tanpa dingin karena benua Afrika dikenal dengan cuaca panas dan gurun pasirnya, atau dari bahasa Latin aprica artinya cerah.
Selain dikenal dengan cuacanya yang panas, Afrika juga dikenal dengan kemiskinannya. Sebagian besar negara-negara di Afrika merupakan negara bekas jajahan, kecuali Afrika Selatan, Eithopia, dan Liberia. Negara-negara yang pernah menjajah negara-negara di Afrika di antaranya Belgia yang menjajah Republik Demokrasi Kongo.
Selain itu, Britania Raya yang menjajah Mesir, Sudan, Uganda, Kenya, Djibouti, Sierra Leone, Ghana, Nigeria, Zambia, Zimbabwe, dan Botswana. Perancis yang pernah menjajah Maroko, Aljazair, Mauritania, Mali, Senegal, Guinea, Pantai Gading, Burkina Faso, Benin, Niger, Chad, Republik Afrika Tengah, Gabon, Kongo, dan Madagaskar. Jerman yang pernah menjajah Togo, Kamerun, Burundi, Rwanda, Tanzania, dan Namibia. Italia yang pernah menjajah Libya, Eritrea, dan Somalia. Potugal yang pernah menjajah Guinea Bissau, Angola, Malawi, dan Mozambik. Selanjutnya, Spanyol yang pernah menjajah Sahara Barat.
Penduduk di benua Afrika memeluk berbagai macam agama. Namun, ada dua agama mayoritas, yaitu agama Islam dan agama Kristen. Selain itu, ada juga yang memeluk agama asli Afrika dan agama Yudaisme. Di negara Mesir, agama memegang peranan yang sangat penting. Di negara ini, azan yang merupakan penentu waktu shalat menjadi penentu juga segala kegiatan. Menurut konstitusi Mesir, semua perundang-undangan harus sesuai dengan hukum Islam.
Tahun 2010, benua Afrika mengalami euforia piala dunia karena ditunjuk sebagai negara penyelenggara piala dunia. Kesuksesan penyelenggaraan tersebut telah menegaskan bahwa negeri ini telah maju dan punya banyak peluang ekonomi. Afrika Selatan telah berhasil mengatasi ancaman keamanan dan kriminalitas selama penyelenggaran piala dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar